About Me


Bismillahirrahmanirrahiim ...
Perkenalkan, nama lengkapku Lutfi Yulianto. Tetapi sejak kecil, orang tua dan tetangga-tetangga memanggilku 'Iyan'.

Aku lahir di Jombang pada tanggal 28 Juli 1999 dari percampuran darah Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kakakku lahir pada tahun 1997. Sedangkan adikku lahir pada tahun 2012. Sedangkan aku, saat ini merantau di Bogor, mengikuti jejak bapak dan ibuku yang hobi merantau sejak lulus sekolah.

Pendidikan formalku bermula di RA Nahdhatul 'Ulama Al-Hikmah Polaman, lalu melanjutkan MI di yayasan yang sama. Masuk kelas 3, aku pindah sekolah di SDN Karangmojo 1 Jombang. Selulus sekolah dasar, aku melanjutkan pendidikan menengah di MTs Negeri Tembelang (MTs Negeri 16 Jombang) dan mengakhiri di MAN 1 Jombang.

Saat duduk di bangku MTs, aku mendapat amanah untuk menjadi ketua OSIS di sekolah. Begitupun saat di MA, aku juga menjadi ketua OSIS. Sehingga, ada sedikit pengalaman organisasi yang kumiliki.

Selulus dari MA, aku sempat merasakan kuliah selama 1 semester di jurusan Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. 

Tahun 2017, aku memutuskan untuk hijrah ke Bogor dan mengikuti program di pesantren bisnis bernama Rumah Muda Indonesia.

Pengalaman Organisasi
Aku pernah dua kali menjadi Ketua Osis ketika duduk di bangku MTs dan MA. Selain menjadi Ketua Osis, aku pun menjadi pengurus juga di beberapa kegiatan seperti Pramuka, Palang Merah Remaja, Remaja Masjid, dll.

Selama kuliah pun, aku mengikuti beberapa organisasi dan menjadi pengurus di dalamnya. Diantaranya adalah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Walisongo Semarang.

Selama di Bogor, aku mendapat amanah untuk menjadi pengurus beberapa organisasi, di antaranya adalah menjadi tim humasy Lembaga Dakwah Nahdhatul 'Ulama Kota Bogor, tim humasy dan media sosial Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Bogor, dan juga pengurus di Pesantren Bisnis Orenz Bogor.

Selain menjadi pengurus di beberapa lembaga tersebut, saat ini aku aktif belajar menulis di sebuah komunitas menulis daring bernama One Day One Post.

(Sedikit) Prestasi
Berawal dari komunitas One Day One Post, aku akhirnya memberanikan diri untuk turut serta menjadi kontributor di beberapa buku antologi, di antaranya adalah:
- Surup (Embrio Publisher:2018),
- Secangkir Sahlab Beraroma Surga di Tanah Filistin (Embrio:2018),
- Satu Atap Berjuta Cinta (Jejak Publisher:2018),
- Birama Rona Budaya (Embrio Publisher:2018),
- Secercah Cahaya di Langit Seruni (MJ, 2018), dll.

Tak banyak, sih, prestasiku di dunia menulis. Namun sebagai orang baru, sedikit buku antologi di atas adalah sebuah prestasi yang menyenangkan untuk diriku.

Semasa sekolah, aku pun memiliki beberapa prestasi, di antaranya adalah menjadi peraih peringkat kelas, sehingga mendapat beasiswa belajar. Prestasiku ketika sekolah pun hanya berputar di bidang akademik, di antaranya:
- Juara 1 Cerdas Cermat PMR Se-Kabupaten
- Juara 1 Cerdas Cermat PAI se-Kota Semarang
- Juara 1 Olimpiade Matematika SMP/MTs se-Kabupaten
- Finalis Olimpiade Fisika
- Juara Harapan 1 Olimpiade Qur'an Hadits se-Jawa Bali
- Finalis Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten Jombang
Hanya sedikit prestasi non-akademik yang kuraih semasa sekolah, yakni:
- Juara 2 Lomba Mading se-Kabupaten
- Juara 1 Lomba Kreasi Takbir se-Kabupaten
- Juara 1 Lomba Qiroah dan Azan
- Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Indonesia se-Kabupaten
- Siswa Terpilih sebagai pemain recorder/seruling pada perayaan pesta indomie (kalau nggak salah namanya :v)


Kesibukan
Saat ini aku mendapat amanah untuk menjadi pengurus di salah satu pesantren tahfidz di Kabupaten Bogor. Sedangkan di pesantren tersebut sendiri, peranku adalah sebagai bagian administrasi dan juga pengelola media sosial. Selain mengelola media sosial pesantren, aku juga saat ini menjadi pengelola media sosia LDNU Kota Bogor dan Al-Bahjah Bogor. Berikut contoh salah satu media sosial di instagram yang aku kelola.

Kemampuan
Salah satu kegemaranku adalah di bidang seni. Meskipun tak terlalu berbakat, namun sedikit-sedikit aku bisa mengoperasikan Photoshop. Berikut salah satu desain yang aku buat untuk konten di pesantren Bogor.
Aku juga memiliki sedikit kemampuan di bidang musik. Alat musik yang bisa kumainkan adalah piano dan recorder. Coba dengarkan ini, siapa tahu terhibur.

Selain bermain musik dan edit gambar, aku juga memiliki sedikit kemampuan di bidang editing video. 


Aku juga pernah menjadi pengisi suara di beberapa video iklan produk. Video di atas pun salah satu video yang mana aku menjadi pengisi suaranya. Berikut contoh video yang lain.





Blog ini adalah blog pertamaku. Saat ini, isi dalam blog ini adalah tentang semua hal yang ingin aku ceritakan kepada kalian semua. Maafkanlah, meskipun isinya sederhana, tetapi kuharap kalian bisa menikmatinya.

Oke, demikian profil singkatku. Terima kasih sudah membaca. 

Akun media sosial :
- Facebook : Lutfi Yulianto Iyan
- Instagram : @lutfiiyan28
- Twitter : @lutfiiyan28
- surel : lutfiyulianto40@gmail.com

1 comment: